5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional

5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional

5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional

5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional

Bila kita melihat dengan seksama perkembangan dunia militer Indonesia yang melejit naik ke posisi 14 dunia, hal itu tak pelak membuat semua dunia Internasional menjadi segan. Tidak hanya dari berbagai perkembangan, penambahan dan revitalisasi peralatan tempur, namun dari skill dan kemampuan pasukan TNI secara menyeluruh juga menjadi faktot pentingya.

Sudah tahukah sobat sebenarnya pasukan elit di Indonesia yang sangat disegani militer dunia internasional?


5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional

Untuk lebih jelasnya, betikut beberapa pasukan khusus milik TNI secara keseluruhan yang diketahui dan sangat disegani militer Dunia Internasional:

1. DenBravo 90 (Detasemen Bravo 90)

DenBravo 90 (Detasemen Bravo 90)
Source image: kaskus.co.id
DenBravo 90 (Detasemen Bravo 90) dibentuk secara terbatas di lingkungan Korps Pasukan Khas TNI AU pada tahun 1990. Arti kata Bravo sendiri adalah yang terbaik. Konsep pembentukannya sendiri merujuk pada pemikiran Jendral Guilio Douchet. Adapun kemampuan dari 1 orang tantara DenBravo adalah setara dengan 5 orang anggota TNI.

2. Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Kopassus (Komando Pasukan Khusus)
Source image: bintang.com
Kopassus (Komando Pasukan Khusus) adalah bagian dari komando utama (Kotama) tempur yang dimiliki TNI angkatan Darat Indonesia. Adapun kemampuan tempur 1 orang pasukan Kopassus serata dengan 8 TNI.

3. Kopaska (Komando Pasukan Katak)

Kopaska (Komando Pasukan Katak)
Source image: wartainfo.com
Kopaska (Komando Pasukan Katak) dibentuk pada tanggal 1 Maret 1962 oleh Presiden pertama kita, yakni Bapak Ir. Soekarno. Kopaska berkekuatan kurang lebih ada 3000 prajurit. Tugas utama mereka adalah menyerbu pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyerbuan pantai dan operasi pendaratan pasukan amfibi. Adapun kemampuan tempur dari 1 orang tantara Kopaska adalah setara dengan 24 orang anggota TNI.

4. Yontaifib (Batalion Intai Amfibi)

Yontaifib (Batalion Intai Amfibi)
Source image: bintang.com
Yontaifib (Batalion Intai Amfibi) adalah satuan elit Korps Marinir. Awalnya satuan elit Marinir ini lebih disebut sebagai pasukan KIPAM (Komando Intai Para Amfibi). Salah satu hal yang membuat gita ngeri adalah bentuk latihan dari satuan elit ini yang sangat berat. Bayangkan saja, salah satu bentuk latiahan dari pasukan Yontaifib adalah berenang sejauh 6 Km menyeberangi selat Madura dengan tangan dan kaki terikat.

Ketika sudah begitu, dari pasukan terbaik Yontaifib ini akan dipilih kembali menjadi pasukan elit yang bernama Denjaka (Detasemen Jala Mengkara). Adapun kemampuan tempur dari 1 orang tantara Yontaifib ini adalah setara dengan 24 orang anggota TNI.

5. Denjaka (Detasemen Jala Mengkara)

Denjaka (Detasemen Jala Mengkara)
Source image: jitunews.com
Denjaka (Detasemen Jala Mengkara) adalah pasukan elit di lingkup TNI secara umum. Pasukan Denjaka ini adalah gabungan dari pasukan Yontaifib dan Kopaska. Satuan ini dididik selama 9 bulan di Bumi Marinir Cilandak. Inti utama dari tugas satuan Denjaka ini adalah pasukan anti teror yang beroperasi khusus di wilayah kelautan. Namun begitu, pasukan ini juga bisa beroperasi di wilayah daratan maupun udara. Adapun kemampuan tempur dari 1 orang tantara Denjaka ini adalah setara dengan 120 orang anggota TNI.

Demikian sekilas warta seru khususnya mengenai info 5 Pasukan TNI yang Paling Disegani Dunia Internasional. Tidak ada maksud memperkecil pasukan lainnya, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita semua memberikan kepercayaan kepada setiap pasukan khusus di atas, beserta pasukan TNI secara umum seluruhnya, dan juga aparat POLRI yang akan senantiasa menjaga NKRI selamanya.


Demikian semoga bermanfaat. Salam.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser