Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu - Sudahkan ada bayanyan, pemikiran atau gambaran kira-kira seperti apa sih wujud rumah Nabi Muhammad SAW, seorang manusia paling mulia di dunia ini, bahkan seluruh makhluk yang Alloh SWT ciptakan?

Jika sobat membayangkan rumah Nabi dan Rosululloh Muhammad SAW terdiri bangunan mewah, berlantaikan marmer paling mahal, atau dinding dari safir, atap dari genting paling mahal saat ini, serta desain interior yang rumit nan elok, semua anggapan itu adalah salah besar.

Warta seru lainnya: Gunung di dunia yang ada di Surga

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat bareng-bareng foto rumah Rosululloh Muhammad SAW berikut ini.

Foto Rumah Rosullulloh Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu

Nih selengkapnya penampakan foto rumah kediaman Rosullulloh Muhammad SAW. Sebuah rumah yang bertuliskan "hujroh 'Aisyah" yang berarti bilik 'Aisyah, yang hanya terbuat dari dinding tanah liat dengan tempat tidur berupa tikar, serta atap terbuatkan dari pelepah kurma atau jerami. Dengan bantal yang telah "usang" tidak seperti empuknya bantal dan kasur yang kita pakai di rumah.

Beberapa perlengkapan keluarga seperti guci,tongkat dll juga sangat jauh dengan apa yang kita bayangkan.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, ketika Sahabat Umar melihat kondisi tempat tinggal Nabi Muhammad SAW.
Dari keadaan rumah seperti itu. Umar Radhyullahu Anhu berkata, “Demi Allah! Saya terharu dan menangis, setelah mengetahui bahwa engkau lebih mulia dari raja-raja dan kaisar - mereka hidup sesuai dengan kemauan di dunia (mewah dan kaya). Sementara engkau adalah Rasullullah (utusan Allah), seperti yang saya lihat, engkau tidur di tempat seperti ini (sangat sederhana).” Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam lalu bertanya, “Bukankah kamu suka kalau mereka mendapat kesenangan dunia sementara kita mendapat kesenangan akhirat?” Umar Radhyullahu Anhu menjawab, “Tentu, wahai Rasul”! Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam berkata lagi, “Memang demikianlah adanya.” [Hadits Riwayat Ahmad].
Diriwayatkan pula:
Dari 'Aisyah Radhyullahu 'Anha, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam menghamparkan sebahagian tikar diwaktu malam dan Baginda Shallallahu ‘Alayhi Wasallam shalat di atasnya. Baginda pun menghamparkan tikar itu disiang hari untuk tempat orang-orang duduk” [Hadis Riwayat Al-Bukhari dan Al-Baihaqi].
Sebelum melihat lebih jauh foto rumah Nabi Muhammad SAW, silakan melihat sketsanya terlebih dahulu, untuk mengetahu kira-kira luas Rumah Nabi Muhammad SAW berapa.


Sketsa luas rumah Nabi Muhammad SAW

Berdasarkan video di atas, luas rumah Nabi Muhammad SAW sendiri panjangnya sekitar 5 meter , lebarnya 3 meter, serta tinggi atap sekitar 2,5 meter. Hal ini seperti disebutkan dalam salah satu hadist Imam Buckhori, di mana Daud Bin Qais berkata, "Saya melihat kamar Raslulullah SAW kira-kira 6 atau 7 hasta. Luas rumah dari dalam 10 hasta dan tingginya kira-kira 7-8 hasta."

Seperti kita ketahui, bahwa satu hasta kurang lebih sama dengan 0,45 meter. Sementara untuk interiornya dalam tergantung busur, anak panah dan pedang. Selain itu, juga ada ranjang tidur sederhana, seperangkat peralatan dapur dan sebuah meja.

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu
Ruangan dalam Rumah Nabi Muhammad SAW

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu
Ruangan dalam Rumah Nabi Muhammad SAW

Foto Rumah Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kamu Tahu
Atap Rumah Nabi Muhammad SAW

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video di bawah ini:


Demikian sekelumit warta kali ini. Semoga dengan melihat dan memahami bagaimana sesungguhnya kemualiaan Nabi Muhammad SAW sebagai seorang makhluk paling mulia di dunia ini, faktanya penuh dengan kesederhanaan, kedermawanan dan kesholihan. Dan semoga hal ini bisa menumbuhkan dan menguatkan keimanan kita pada Allah SWT, aamiin.

NB:
Tolong sebarkan (shared) informasi ini kepada saudara muslim lainnya agar kita lebih faham dan mengerti akan kehidupan Rosullulloh Muhammad SAW. Dengan harapan akan muncul perasaan semakin "mahabbah" cinta kepada kekasih Alloh SWT. Dan semoga kita mendapatkan ridlo-Nya, aamiin.

Salam.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser